Upacara Adat Wiwitan di Padukuhan Gobeh Kalurahan Bendung

Administrator 02 Agustus 2024 20:47:17 WIB

Bendung (SIDA), Padukuhan Gobeh adalah salah satu Padukuhan yang ada di Kalurahan Bendung Kapanewon Semin Kabupaten Gunungkidul.

Padukuhan dengan Luas Wilayah sekitar 46,14 Ha, dan  jumlah Kepala Keluarga 134 KK (menurut data monografi Kaluran Bendung semester 2 tahun 2023). Dengan penghasilan warga masyarakatnya sebagian besar adalah petani/ pekebun.

Pada tahun 2024 ini, Warga Masyarakat Padukuhan Gobeh mengadakan “Upacara Wiwitan” pada saat akan memanen tanaman padi.

Upacara Adat WIwitan adalah upacara adat yang dilaksanakan oleh warga Masyarakat pada saat akan memulai (wiwit) memanen Padi. Tujuan diadakannya Upacara Wiwit sebagai wujud  syukur masyarakat petani kepada Tuhan Yang Maha Pemurah atas rezeki yang telah dilimpahkanNya. Upacara Wiwit juga sebagai ungkapan rasa syukur dan hormat kepada Dewi Sri yang telah memberi rezeki yang berwujud panen, sehingga untuk mewujudkan rasa syukur tersebut dengan memberi sesaji dan doa.

Upacara Wiwitan di Padukuhan Gobeh dilaksanakan pada Rabu Pon. Di hadiri oleh Tim Monev Kundho Kabudayan (Bapak CB Supriyanto), Dinas Pertanian Kab. Gunungkidul, Panewu Semin, BPP Kapanewon Semin, Lurah Bendung beserta Pamong dan seluruh warga masyarakat Padukuhan Gobeh. Acara  berjalan lancar dan meriah , ada 10  warga yang memanen padinya dengan terlebih dahulu melaksanakan upacara wiwitan.

Sebelum dilaksanakannya upacara wiwitan yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Gobeh, warga masyarakat Padukuhan Gobeh mengadakan arak-arakan Bergada Kalurahan Bendung, Gunungan hasil panen warga Padukuhan Gobeh di ikuti Pamong dan selurah warga masyarakat Padukuhan Gobeh.

 

Setelah upacara selesai ditutup dengan makan bersama nasi tempelangan yang telah di sediakan warga masyarakat Padukuhan Gobeh.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung