FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) FAKULTAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN

Eka Puji Suryanti, S.Akun 25 April 2022 10:36:13 WIB

Bendung (SID) Kamis 21 April 2022 menindaklanjuti kunjungan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro (UNDIP ) Semarang, hari ini diadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, dan Kalurahan Bendung, Hadir dalam acara Bapak Bambang Dwi Witjaksono, S.P., M.E selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP DIY, Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul Bapak Rismiyadi, S.P.,M.Si, BPP Kapanewon Semin, Pengurus Desa Prima, Pengelola Desa Preneur dan Ketua Gapoktan Kalurahan Bendung, Ketua KWT Srikandi Tani.

Bapak Didik Rubiyanto selaku Lurah Bendung menyampaikan bahwa pendampingan Tridharma Perguruan Tinggi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro (FPP) UNDIP Semarang untuk kesuksesan Lumbung Mataraman Kalurahan Bendung merupakan langkah awal bagi petani milenial yang tergabung dalam pengelola Gapoktan maupun KWT Kalurahan Bendung, Dengan adanya program Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, dapat dirasakan dari segi manfaat teknologi yang modern, contohnya bisa mendapat pengetahuan teknologi pertanian mengadopsi pemberian pupuk dengan sistem "drown". Bagaimana cara budidaya Domba yang bisa menghasilkan profil yang tinggi, dengan market place yang mudah dan juga secara tidak langsung mampu meningkatkan perekonomian dimasyarakat sekitar pasca covid 19. Setelah dilakukannya FGD dari UNDIP akan dilakukan kerjasama MOU supaya antara kedua belah pihak baik FPP UNDIP maupun Pemerintah Kalurahan Bendung dan lintas OPD yang terkait Dinas Pertanian GK & Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY bisa saling bersinergi untuk keberhasilan menciptakan Bendung sebagai Edukasi Wisata Pertanian.

Bapak Bambang selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP DIY menyampaikan menjadi tugas kita bersama untuk mengurangi angka stunting, berdasarkan data angka stunting di DIY sebesar 17%, diharapkan dengan adanya kerjasama dengan FPP UNDIP Semarang bisa mengakomodir Smart Farming, Digital Farming dan pilot project dengan melibatkan petani milenial. Harapannya kedepan bisa bersinergi juga dengan Fakultas di UGM, Dikalurahan Bendung sudah banyak mendapat program pertanian seperti P2L,KRPL sehingga program Lumbung Mataraman bisa berkelanjutan ditahun depan tidak hanya sampai tahun ini saja. Bulan depan akan ada Expo Gelar Petani Milenial dan untuk Petani Gunungkidul akan dilibatka untuk mengikuti Bazar tersebut. Agro eduwisata DIY yang utama wisata dan pendidikan untuk mewujudkan petani modern mandiri maju dengan mengadopsi teknologi yang bisa diadopsi.

Bapak Rismiyadi Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul menyampaikan komunikasi , koordinasi, kolaborasi dan kekompakan adalah kunci keberhasilan terlihat dari peta herarki ada unsur pengusaha, media, wakil rakyat. Penguatan Sarpras pasca panen diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah tersendiri. Pada dasarnya, Kami Dinas Pertanian GK welcome dengan adanya program Tridharma Perguruan Tinggi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro (FPP) UNDIP Semarang untuk mendukung kegiatan lumbung mataraman, DIY mempunyai potensi, karakter dan pola yang sangat jelas, Pertanian Ketahanan Pangan secara umum dibingkai menjadi Lumbung Mataraman Hidup sehingga mampu menjadi kontribusi pertumbuhan ekonomi, dari sektor Pertanian 25 % dan Sektor Wisata sebesar 18%.

Bapak Marry dari FPP UNDIP Semarang menyampaikan sedapat mungkin tidak hanya datang dan sharing namun bagaimana berusaha membawa program kegiatan Universitas maupun DikTi. Pengabdian Tridharma Perguruan Tinggi bertujuan meningkatkan perekonomian masyakat dan potensi yg ada untuk sumber pendapatan namun belum disadari potensi yg cukup dikembangkan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung