PEMBENTUKAN PENGURUS & BIMTEK DESA PRENEUR DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KALURAHAN

Eka Puji Suryanti, S.Akun 04 April 2022 14:26:59 WIB

Bendung (SID)Pemerintah Kalurahan Bendung mengadakan Pembentukan Pengurus & Bimtek Desa Preneur bagi para pelaku wirausaha yang berada di Kalurahan Bendung. Pembentukan Pengurus & Bimtek Desa Preneur merupakan langkah awal Pemerintah Kalurahan Bendung dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan. Diharapkan ke depan dengan adanya pembentukan pengurus Desa Preneur yang ditetapkan dengan SK Lurah, mampu menjadi motor penggerak perekonomian yang berada diKalurahan Bendung. Ketua Desa Preneur diharapkan mampu menjadi penyemangat anggota Desa Preneur untuk lebih semangat dan meningkatkan pangsa pasar nilai jual yang lebih luas lagi.

Lurah Bendung Didik Rubiyanto menyampaiakan bahwa Pemerintah Kaluahan Bendung sudah menjadi Desa Wisata dan Desa Wisata menjadi premier bagi motor penggerak Desa Prima maupun Desa Preneur. Desa Prenuer diharapkan mampu mengurangi Angka Kemiskinan dengan pola pemberdayaan melalui  pengembangan kewirausahaan yang memiliki nilai tambah dan daya saing berkelanjutan dan mampu menumbuhkan wirausahaan yang lebih tangguh. Desa Preneur diharapkan mampu kemiliki kemampuan untuk meningkatkan mutu produk dan daya saing wirausaha , Dikalurahan Bendung sudah banyak sekali ditemukan Wirausaha seperti Tenun ATBM yang berada diPadukuhan Pencil, pangsa pasarnya sudah menembus Export Ke Timur Tengah, Usaha Gendewo Jemparingan yang nantinya bisa menjadi souvenir untuk pengunjung Wisata, Usaha Pupuk Organik Pak Sumiyantoro, Usaha Cor Lampu Hias Garotan dan juga usaha-usaha makanan  seperti Roti, Jamu Tradisional dan banyak jenis Usaha Kuliner lainnya. Kedepan diharapkan dengan adanya Wadah Desa Preneur akan ada kegiatan Bazar yang mampu menampung semua usaha dan jenis Kuliner yang ada di Kalurahan Bendung.

Hadir Dalam acara Bimtek Bapak Heru Susanto dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Gunungkidul. Ini adalah langkah awal bagi Pemerintah Kalurahan untuk lebih partisipatif dalam dunia wirausaha, banyak sekali ditemukan usaha baik online maupun toko yang berada dilingkungan sekitar. Pelaku Usaha harus mampu mengimbangi derasnya perkembangan teknologi, Pemasaran bisa dilakukan dengan media online contohnya aplikasi "sibakul" dengan mengisi data yang diperlukan diaplikasi juga bisa memudahkan bagi pelaku usaha jika menginginkan pinjaman di Bank untuk Usaha. Pelaku Usaha Permakanan dan Kuliner harus punya PIRT dan hak Paten supaya tidak ditiru oleh orang lain. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung