PANEN RAYA PADI "REPLIKASI MILENIAL DASAR " SD BENDUNG SEMIN II BERSAMA WAKIL BUPATI GUNUNGKIDUL

Eka Puji Suryanti, S.Akun 16 Februari 2022 15:09:29 WIB

Bendung (SID) Rabu 16 Februari 2022 SD Bendung Semin II Kapanewon Semin melakukan Panen Raya Padi semi organik bersama dengan Bapak Wakil Bupati Gunungkidul Bapak Heri Susanto, S.Kom., M.Si dihadiri juga Bapak Kepala Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan Gunungkidul dan  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Gunungkidul. 

Lurah Bendung Bapak Didik Rubiyanto menyampaikan dalam Sambutan Selamat Datang kepada WaKil Bupati Gunungkidul dan rombongan, Pemerintah Kalurahan Bendung sangat mendukung penuh potensi Kalurahan Bendung khususnya Potensi Pendidikan. Di Kalurahan Bendung ada 3 SD, SD Bendung 1, SD Bendung II , SD Muh Widorolor, dan SMP 2 Semin. Beberapa waktu yang lalu SD Bendung II  Maju Lomba Sekolaah Adiwiyata Tingkat Provinsi. Kami Pemerintah Kalurahan Bendung sudah komitmen bersama dengan Bamuskal Kalurahan Bendung untuk menyediakan lahan yang berstatus Tanah Kas Kalurahan untuk diberikan kepada SD Bendung II untuk dijadikan sebagai lahan pertanian mendukung program "Replikasi Milenial Dasar" Khususnya Pertanian, sehingga mampu menciptakan Swasembada Pangan, Mampu menciptakan Petani Milenial, dan Kami sudah komitmen menyediakan Lahan pertanian yang sekarang dikelola oleh KWT dan Gapoktan Kalurahan yang berada di Tanah Kas sebelah Selatan Balai Kalurahan, kedepan akan dijadikan sebagai Wisata Edukasi Pertanian, 

Bapak Sumadi selaku Kepala Sekoalah SD Bendung II menyampaiakan bahwa hasil pertanian dari panen padi yang dikelola oleh SD Bendung II akan dijadikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Sekolah... Jenis padi yang ditanam adalah INTANI dengan masa tanam 100 hari ubinan 2.5 x 2.5 ada 6.7 Kg dengan Gabah Kering sejumlah 8.67 Kwintal. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kalurahan Bendung yang sudah memberikan lahan untuk wahana pembelajaran bagi anak- anak kami yang khususnya mengambil extra kulikuler "Pertanian".. Ini adalah tahun ke 4 kami selalu menananam Padi dilahan tersebut.. karena ketersediaan air yang sangat cukup.

Bapak Heri Susanto, S.Kom., M.Si dalam sambuatannya menyampaikan berterimakasih kepada Pemerintah Kalurahan Bendung sudang menyisihkan anggaran untuk pemberdayaan masyarakat. Lahan Tanah Kas Kalurahan diperuntukkan untuk KWT disekitar Balai Kalurahan dan Lahan Pertanian untuk SD Bendung II. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berterima kasih dan mempunyai tanggung jawab dalam ketahahan pangan dan Replikasi milenial dasar yang sudah kita cetak sejak Sekolah  Dasar... Mungkin ini satu-satunya Sekolah Dasar  di Gunungkidul yang mau berproses dalam pembelajaran pertanian, Data Sektoral Pertanian 401 T bisa export pertanian dan alhamdulilah masa pandemi tidak ada satupun masyarakat yang meninggal , disisi lain kebutuhan tetap bertambah karena jumlah penduduk juga bertambah, Petani Gunungkidul memberi cadangan pangan kedepan kita akan upgrade panen hanya 1 kali bisa 2 atau 3 kali, mampu mencetak petani milenial muda, replikasi dan energi positif agar kiranya ketahanan pangan kita tetap terjaga.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung