DESA BENDUNG CIPTAKAN PETANI TANGGUH

04 Juni 2021 14:34:57 WIB

PENINGKATAN SDM PERTANIAN CIPTAKAN PETANI TANGGUH

Masa depan pangan kita akan sangat tergantung dari kinerja sektor pertanian. Untuk itu,dalam melaksanakan Pencanangan Kementan,  Pemerintah Kalurahan Bendung Kapanewon Semin Bekerja Sama dengan Dinas Petanian Pangan kabupaten Guungkidul telah mencanangkan sasaran umum kebijakan,” ujar Lurah Bendung,Semin (didik Rubiyanto)  

Kalurahan Bendung  pun saat ini tengah fokus pada empat aspek untuk bisa mencapai sasaran itu. Fokus pertama adalah peningkatan produktivitas dan produksi komoditas pertanian, serta peningkatan SDM.yang Terintegrasi antara pertanian, pengolaan pupuk organik, peternakan dan peikanan. Artinya dalam satu kawasan atau titik hasil pertanian, perikanan dan peternakannya juga bagus,”  (Integrated Farming System) Menurutnya, pengembangan sistem itu dilakukan seiring dengan dinamika dan semangat petani yang justru semakin kuat pada masa pandemi ini.i. Fokus kedua ialah pengembangan dan penerapan mekanisasi, serta percepatan pemanfaatan inovasi teknologi.

Integrated Farming System ini bertujuan agar kekuatan pertanian ke depan tak hanya mengandalkan satu atau dua komoditas. Namun juga memanfaatkan pekarangan rumah-rumah untuk dijadikan lahan produktif yang bisa dimanfaatkan, baik untuk pertanian, perikanan, maupun komoditas lainnya

Dalam hal upaya peningkatan SDM petani  Gapoktan dan KWT kalurahan Bendung Kapanewon Semin Bekerja Sama dengan Dinas Petanian Pangan kabupaten Guungkidul (melaui BBP Semin)   mengadakan sekolah lapang (SL) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani dalam melakukan kegiatan budidaya dan pengelolaan usaha tani, meningkatkan kemampuan dan kesadaran petani dalam memanfaatkan lahan usaha taninya secara produktif, meningkatkan kepercayaan diri petani dalam mengadopsi praktek-praktek budidaya dan juga menjadikan wadah penyuluh pertanian menyebarluaskan inovasi teknologi pertanian kepada petani. lebih mandiri, karena tujuan utamanya membangun kemandirian petani dalam pengelolaan proses pembelajaran dari oleh dan untuk petani. SL diharapkan dapat menyiapkan petani tangguh yang mampu menghadapi dinamika saat ini maupun tantangan masa depan (SID bENDUNG 2021)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung