PELATIHAN STUNTING ( REMBUG STUNTING ) BAGI MASYARAKAT

Eka Puji Suryanti, S.Akun 15 Juli 2020 12:48:33 WIB

Bendung (SID) Selasa 14 Juli 2020 Pemerintah Kalurahan Bendung Kapanewon Semin mengadakan Pelatihan Penanganan Program Stunting dan juga rembug stunting sebagai salah satu tahap perencanaan Kalurahan Bendung untuk Rencana Kerja Kalurahan Tahun 2021. Pelatihan dalam Penanganan Stunting ini dilaksanakana karena hasil riset nasional selama 10 tahun terakhir belum menunjukkan adanya perubahan yang berarti, dan Juga Program Stunting masih menjadi Rencana Jangka Menengah Nasional. Selaras dengan amanah Undang-Undang 6 Tahun 2014 tentang Desa, Tingginya tingkat partisipasi masyarakat merupakan ujung tombak bagi pemerintah Desa secara keseluruhan. Sehingga dengan adanya Pelatihan Penanangan Stunting sekaligus rembug stunting diharapkan perencanaan Pemerintah Kalurahan lebih meningkat Lagi.

Adapun Sasaran Pencegahan Stunting

  1. Sasaran prioritas konvergensi pencegahan stunting adalah ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan atau rumah tangga 1000 HPK sebagai masa yang paling kritis dalam tumbuh kembang anak
  2. Anak usia 24-59, wanita subur dan remaja putri

Dan untuk Tujuan rembug stunting itu sendiri adalah Pemaparan data sasaran dan layanan, permasalahan-permasalahan stunting dan analisis penyebabnya, Pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah (FGD) di RUmah Desa Sehat dan Pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan invervensi gizi spesifik dan sensitif. Kesepakatan hasil rembug stunting di kalurahan dituangkan dalam Berita Acara.

Hadir dalam acara Pelatihan ini Ibu Lilih Eryani (Koordinator PLKB Kapanewon Semin ), Bapak Budi Santoso (unsur Jawatan Kemakmuran Kapanewon Semin) dan juga Pendamping Lokal Desa.  Bapak Budi Santoso menyampaikan bahwa alhamdulilah di Desa Bendung sudah mengoptimalkan lahan tanah kas Desa dalam upaya penanganan Stunting melalui KWT Desa dan Gapoktan Desa Bendung. Harapannya kedepan Kalurahan Bendung akan menjadi slaah satu barometer keberhasilan di Kapanewon Semin.

Bapak Kepala Desa Bendung menyampaiakan sangat berterimakasih dan sangat berapresiasi kepada Kader Balita Kalurahan Bendung yang telah berupaya semaksimal mungkin pencegahan stunting di Kalurahan Bendung. Untuk tahun 2020 memang banyak terpending karena BLT Dana Desa untuk penanganan stunting. Insyaaalah untuk tahun depan bisa terfokus dengan Program Stunting,

Adapun hasil rembug stunting yang nanti akan diharapkan masuk diusulan musyawarah kalurahan adalah

  1. Pelatihan Kader BKB
  2. Peningkatan Posyandu pengadaaan Timbangan Bayi
  3. Pengadaan APE luar dan APE dalam sesuai usia 0- 2th
  4. Jaminan Ksehatan Anak Usia DIni dan Bumil melalui OPD Terkait
  5. Rembug stunting
  6. Pelatihan Membuat makanan tambahan bagi bayi
  7. Pelatihan / orientasi untuk kesehatan reproduksi  untuk remaja
  8. Pelatihan pencegahan anemia dan penyakit menular
  9. Gedung PAUD Padukuhan Gobeh
  10. Operasional RDS
  11. Operasional KPM

Ibu Suratmi selaku koordinator BKB se desa Bendung dan Bu Sumarni Koordinator Kader Balita Desa Bendung menyampaikan masih banyak problem terkait dengan penanganan balita dan ibu hamil di desa Bendung seperti kurang paham nya ibu hamil dalam hal jaminan kesehatan bagi ibu hamil dan Balita, juga dalam penyajian Makanan Tambahan yang masih monoton, sehingga perlu ada pelatihan membuat makanan tambahan Balita.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung