Kunjungan Ketua DPRD & Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupten Gunungkidul Dala Rangka Evaluasi K

Eka Puji Suryanti, S.Akun 05 Juni 2020 11:09:49 WIB

Bendung (Bendung) Rabu 3 Juni 2020, Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul (Ibu Endah Subekti Kuntariningsih, S.E) beserta rombongan dan juga Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul (Bapak Bambang Wisnu Broto beserta dengan rombongan melakukan kunjungan ke Desa Bendung dalam rangka evaluasi ketahanan Pangan saat Pandemi Covid-19. Adapun kunjungan dimulai 1. Padukuhan Dringo (Tanaman Melon seluar 300-500m ) 2. Padukuhan Garotan (Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO KWT Ngudi Mulyo Garotan,  kunjungan ke Dam Parit Garotan 3. Padukuhan Gobeh ( Pemanfaatan lahan pekarangan oleh ibu KWT Ngudi Mulyo Gobeh ) dan juga kunjungan ke Sumur Bor yang berada di Padukuhan Gobeh 4.Balai Desa Bendung (Perpustakaan SAGOPI dan Sumur Bor yang berada di Tanah Kas Desa Bendung. Dalam kunjungan tersebut hadir juga Muspika kecamatan Semin (Bapak Witanto Camat Semin,Bapak Haryanto AKP Kapolsek Semin dan Dan ramil Semin)

Dalam kunjungannya masyarakat Desa Bendung sangat begitu antusias, Bapak Kepala Desa Bendung (Didik Rubiyanto) Dalam rangka masa pandemi Covid 19 Ketahanan Pangan mampu bertahan 5-6 Bulan Ke Depan, memang seperti ini keadaan di Desa Bendung walaupun hanya Swah Tadah Hutan dan tegalan Masyarakat Desa Bendung Mampu berinovasi dalam hal pertanian seperti Budidaya Sayuran Terong KWT Ngudi Mulyo Garotan, Stock Ketersediaan Pangan Padi dan Juga Budidaya sayuran di KWT Padukuhan Gobeh. Di Desa Bendung juga menyiapkan Perpustakaan Sagopi dan nantinya akan dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi pertanian Desa Bendung dan dilengkapi dengan pendukung lainnya pengadaan sumur bor dan pemanfaatan lahan tanah kas oleh Gapoktan Desa dan KWT Srikandi Tani Desa Bendung.

Bapak Supardi (Selaku Ketua Gapoktan Desa Bendung ) menyampaikan Tanah Desa Bendung memiliki luas wilayah rata2x Sawah Tadah Hudan , Tegalan dan Pekarangan dengan potensi Lahan Pertanian Sawah 77 hektar, Lahan Pertanian Non Sawah 223 Hektar dengan Jumlah Total 300 Hektar dengan Pola Tanam MH 1 Padi, MH 2 Padi Palawija, MK Palawija, Hortikultura dan Perkebuanan. Adapun Padi Sawah luas panen 156 hektar, Padi Lahan Kering 130 Hektar dan Jagung 301 Hektar.

Bapak Bapak Wisnu Broto dalam sambutanya merasa sangat senang bisa diterima di Desa Bendung, Desa Bendung memang bukan Desa Wisata tetapi Desa Bendung Punya potensi SDM pertanian yang sangat luar biasa dan didukung oleh pemerintah Desa Bendung memalui APBDes menunjang pertanian tahun ini senilai 30 Jutaaan (Meliputi Pengadaan Sumur Bor dan Pemanfaatan Lahan pertanian (Komoditas Sayuran). Prediksi curah hujan dibulan april- mei sekitar 91 Hari dan alhamdulilah Padi tumbuh dengan baik tanpa kekurangan air hujan seperti tahun kemarin.

Ibu Endah Subekti Kuntaringsih dalam sambutannya menyampaiakan Desa Bendung akan dipromosikan untuk menjadi sarana studi wisata untuk pertanian dan juga sektor pendidikan dengan memanfaatkan perpustakaan Desa dan potensi masyarakat Desa Bendung.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung